Skip to main content

Gutenprint, Solusi Bila Printer Tidak Dapat Mencetak Hasil Olah Gambar GIMP

Bismillahirrohmanirrohim...

Bila anda menjalankan GIMP (GNU Image Manipulation Program) di Linux Mint atau Ubuntu namun ternyata printer anda tidak dapat mencetak hasil olah gambar anda, jangan khawatir... Gutenprint mungkin bisa menjadi solusi bagi anda.

Caranya?

Cukup mudah sebenarnya. Bila anda ingin menginstalnya via Ubuntu Software Center maka, buka saja Ubuntu Software Center anda. Ketikkan kalimat GIMP Gutenprint di kolom pojok atas Ubuntu Software Center anda untuk mencari utility tersebut.

Bila sudah tampak hasil pencarian anda, silahkan klik install. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Dan silahkan dicoba hasilnya.


Akan ada banyak pilihan utility yang muncul, namun pilih saja yang "berbau" Gutenprint GIMP seperti plugin, printer driver dll.

Sedang bila anda ingin menginstalnya via Terminal maka, buka terminal anda dan ketikkan perintah :
  • sudo apt-get install gimp-gutenprint
Tekan Enter, masukkan password lalu tekan Enter sekali lagi. berikan konfirmasi bila muncul pertanyaan yang meminta anda untuk melanjutkan instalasi atau tidak dengan mengetikkan y lalu tekan Enter. Tunggu  hingga proses instalasi selesai.
Selanjutnya buka GIMP anda danpastikan bahwa di Menu File jendela GIMP anda terdapat opsi Print with Gutenprint. dan seperti inilah hasil screenshotnya.

Jendela setting Gutenprint
Semoga bermanfaat. Walhamdulillah...

Comments

Popular posts from this blog

Maksud Arti Kata Kersane

  Bismillah Maksud arti kata "kersane" adalah agar, biar. Kersane adalah bahasa Kromo Inggil alias bahasa Jawa halus. Contoh : Njenengan kedah maos sholawat ingkang katah, kersane berkah sedayane. Artinya : Anda sebaiknya baca sholawat yang banyak, biar/agar berkah segalanya. Namun tak sedikit pula yang menggunakan kalimat "kersane" ini untuk arti : biarkan saja!

Maksud Arti Kata Sanjang

 Sanjang adalah bahasa kromo inggil atau jawa halus yang berarti : bilang, memberi tahu. Contoh : Kulo sampun sanjang ten kakak menawi bade tindak Suroboyo. Artinya : Saya sudah bilang / memberi tahu ke kakak kalau akan pergi ke Surabaya.