Skip to main content

Apa itu Inkscape?




Bismillahir rohmanirrohim...

Inkscape adalah sebuah software open source editor gambar vektor berlisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML (Extensible Markup Language), SVG (Scalable Vektor Graphic), dan CSS (Cascading Style Sheets).
Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X, sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.
Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Untuk sejarah lengkapnya bisa dilihat di Wikipedia.
Nah, berbicara tentang Inkscape, bisa saya katakan ini adalah software (gratis) yang paling sempurna untuk mengganti kedudukan Corel Draw. Bagaimana tidak? Sebab karena berbasis SVG (Scalable Vector Graphic), maka hasil olah gambar yang dihasilkan Inkscape ini berupa garis lurus. jadi hasil olah gambarnya tidak akan buram apabila di-zoom.
Hal ini berbeda dengan Corel Draw yang menerapkan basis Bitmap alias titik-titik atau pixel pada olah gambarnya. Hasilnya, ketika kita zoom in gambar olahannya, sudah barang tentu akan terlihat buram.
Jadi, jangan khawatir untuk berpindah ke Inkscape... Sebab selain kualitasnya yang TOP, Inkscape juga merupakan FREE SOFTWARE alias gratis...
Untuk download, silahkan klik di sini

Salam Inkscape!

Comments

Popular posts from this blog

Maksud Arti Kata Kersane

  Bismillah Maksud arti kata "kersane" adalah agar, biar. Kersane adalah bahasa Kromo Inggil alias bahasa Jawa halus. Contoh : Njenengan kedah maos sholawat ingkang katah, kersane berkah sedayane. Artinya : Anda sebaiknya baca sholawat yang banyak, biar/agar berkah segalanya. Namun tak sedikit pula yang menggunakan kalimat "kersane" ini untuk arti : biarkan saja!

Maksud Arti Kata Sanjang

 Sanjang adalah bahasa kromo inggil atau jawa halus yang berarti : bilang, memberi tahu. Contoh : Kulo sampun sanjang ten kakak menawi bade tindak Suroboyo. Artinya : Saya sudah bilang / memberi tahu ke kakak kalau akan pergi ke Surabaya.