Skip to main content

Memperbaiki Grub yang Rusak


Grub adalah bagian penting dalam proses kita menjalankan dual boot. Nah, tak usah bingung bila tiba-tiba muncul pesan bahwa grub error atau tidak dapat ditemukan.
Mungkin kita menemukan solusi dalam tutorial lain. Tapi setelah dicoba ternyata tidak berhasil atau prosesnya terlalu sulit. Gak usah bingung, masih ada solusi lain yaitu dengan cara menginstal Grub Customizer.
Berikut langkah-langkahnya. Pastikan anda terhubung dengan jaringan internet. Siapkan Flash drive yang sudah berisi Installer Ubuntu. Masukkan flash tersebut lalu lanjut ke proses bios set up dengan menekan tombol Del atau sesuai dengan setting merek motherboard masing-masing. Jangan lupa pilih booting melalui flash drive agar dapat menjalankan Ubuntu melalui Flash drive. Simpan konfigurasi lalu keluar dan otomatis restart.
Ikuti arahan yang tertera pada layar anda untuk mencoba Ubuntu melalui flash drive dengan memilih menu "Try Ubuntu". setelah masuk desktop Ubuntu, jangan lupa, pilih menu "Try Ubuntu" bukan "Install Ubuntu".
Silahkan klik dash home, lalu ketikkan "terminal" untuk mengaktifkan terminal. Jalankan terminal dengan mengetikkan kalimat berikut untuk menambah repository Grub Customizer (sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer). Masukkan password, lalu tekan enter. Tunggu sampai proses penambahan repository tsb beres.
Selanjutnya ketik (sudo apt-get update) untuk mengupdate data repo. Tekan enter dan masukkan password. Tekan enter lagi dan tunggu hingga proses update selesai.
Dan yang terakhir ketik (sudo apt-get install grub-customizer) untuk mengistal paket Grub Customizer tsb. Tunggu sampai selesai.
Langkah selanjutnya adalah jalankan Grub Customizer. Pastikan semua Sistem Operasi yang ada terdeteksi oleh Grub Customizer. Bila ingin mengedit nama atau tampilan silahkan utak-atik sendiri.
Terakhir adalah klik menu "File" di pojok kiri atas. Pilih menu "install to MBR". Nah di situ akan ada pilihan di hardisk mana anda ingin mengistal setting grub. tekan saja enter. Lalu restart komputer anda. Ganti booting anda melalui Hardisk. Insya Alloh, Tampil lagi Grub yang hilang tsb. Sesuai dengan setting yang anda tetapkan sebelumnya.
Semoga Barokah. Manfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Maksud Arti Kata Kersane

  Bismillah Maksud arti kata "kersane" adalah agar, biar. Kersane adalah bahasa Kromo Inggil alias bahasa Jawa halus. Contoh : Njenengan kedah maos sholawat ingkang katah, kersane berkah sedayane. Artinya : Anda sebaiknya baca sholawat yang banyak, biar/agar berkah segalanya. Namun tak sedikit pula yang menggunakan kalimat "kersane" ini untuk arti : biarkan saja!

Maksud Arti Kata Sanjang

 Sanjang adalah bahasa kromo inggil atau jawa halus yang berarti : bilang, memberi tahu. Contoh : Kulo sampun sanjang ten kakak menawi bade tindak Suroboyo. Artinya : Saya sudah bilang / memberi tahu ke kakak kalau akan pergi ke Surabaya.